Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain ---- Harta akan habis digunakan tanpa ilmu, tapi sebaliknya ilmu akan berkembang jika digunakan dan dimanfaatkan

Rabu, 01 Mei 2013

Sumber Belajar



Belajar-mengajar telah diketahui, bukanlah proses dalam kehampaan, tetapi berproses dalam kemaknaan, di dalamnya ada sejumlah nilai yang disampaikan kepada anak didik. Nilai-nilai itu tidak datang dengan sendirinya, tetapi diambil dari berbagai sumber guna dipakai dalam proses belajar-mengajar. Jadi, dari berbagi sumberlah bahan pelajaran diambil.
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan sebagai tempat dimana bahan pembelajaran terdapat atau asal untuk belajar seseorang. Dengan demikian, sumber belajar itu merupakan bahan/materi untuk menambah ilmu pengetahuan yang mengandung hal-hal baru bagi pesarta didik. Pada hakikatnya belajar adalah untuk mendapatkan hal-hal baru (perubahan). Sumber belajar sesunggunhnya banyak sekali terdapat dimana-mana, di sekolah, di halaman, di pusat kota, di pedesaan, dan sebagainya. Pemanfaatan sumber-sumber pembelajaran tersebut tergantung pada kreativitas guru, waktu biaya, dan kebijakan-kebijakan lainnya.[1]
Dalam pembelajaran tradisional, guru sering hanya menetapkan buku sebagai sumber belajar. Itupun biasanya terbatas hanya dari salah satu buku tertentu. Dalam proses pembelajaran yang dianggap modern sesuai dengan tuntutan standar proses pendidikan dan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya teknologi informasi, maka sebaiknya guru memanfaatkan sumber-sumber lain selain buku. Hal ini penting, sebab penggunaan salah satu sumber tertentu akan membuat pengetahuan peserta didik terbatas dan tidak berkembang.
Menurut Sudirman yang dikutif oleh Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, macam-macam sumber belajar sebagai berikut.[2]
1.        Manusia (people);
2.        Bahan (materials);
3.          Lingkungan (setting);
4.        Alat dan Perlengkapan (tool and equipment);
5.        Aktivitas (activities);
a.         Pembelajaran berprogram;
b.         Simulasi;
c.         Karyawisata;
d.        Sistem pembelajaran modul.
Aktivitas sebagai sumber belajar biasanya meliputi:
1.        Tujuan khusus yang harus dicapai oleh peserta didik.
2.        Materi (bahan pelajaran) yang harus dipelajari.
3.        Aktivitas yang harus dilakukan oleh peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Ditinjau dari asal-usulnya, sumber belajar dapat dibedakan menjadi dua macam.[3]
1.        Learning resources by design, yaitu sumber belajar yang sengaja dibuat untuk membantu proses pembelajaran. Sumber belajar semacam ini sering disebut bahan pembelajaran. Contohnya antara lain: buku pelajaran, modul, program audio, program slide suara, dan transparansi.
 2.  Learning resources by utilization, yaitu sumber belajar yang segala sesuatu di sekeliling kita yang dapat dimanfaatkan untuk memberi kemudahan kepada seseorang dalam belajar. Sumber belajar tersebut tidak dirancang untuk untuk tujuan pembelajaran, namun dapat ditemukan, dipilih dan dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran
Sumber belajar dalam bentuk buku cetak atau teks merupakan pemba-haruan besar dalam dunia pendidikan, guru tidak lagi mendoktrinasi materi terhadap peserta didik atau menceramahi peserta didik karena tidak mempunyai sumber bacaan. Buku cetak atau teks sangat membantu guru dalam mentransfor-masikan pengetahuan kepada peserta didik.



[1]Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar. (Jakarta: Rineka Cipta, 1997), hlm. 55.
[2]Ibid., hlm. 57.
[3]Nana Sudjana dan Ahmad Riva’i, Teknologi Pembelajaran. (Bandung: Sinar Baru, 1989), hlm. 77.